6 Manfaat Kacang Arab Chickpeas Bagi Kesehatan Tubuh Anda

3 min read

6 Manfaat Kacang Arab Chickpeas Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Kacang Arab Chickpeas atau kacang garbanzo merupakan bagian dari tanaman polong-polongan dan sudah mulai terkenal di tempat kita. Namun, bagi mereka yang tinggal di daerah Timur Tengah, kacang ini ternyata sudah dikonsumsi semenjak ribuan tahun yang lalu.

Sebagai bagian dari makanan yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat, tentunya membuat kacang arab mampu memberikan anda berbagai macam manfaat kesehatan terhadap pencernaan, berat badan, hingga mengurangi berbagai macam resiko penyakit tertentu.

Efek mengobati dan kesehatan memang datang dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Menurut self.com sendiri, dari 1 ons (28 gram) kacang chickpeas sudah mengandung gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 2 gram
  • Protein: 3 gram
  • Folat: 12% AKG
  • Zat Besi: 4% AKG
  • Fosfor: 5% AKG
  • Tembaga: 5% AKG
  • Mangan: 14% AKG

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat dari kacang arab Chickpeas terhadap tubuh anda, dimana kami kutip dari berbagai macam riset dan penelitian.

1. Mengatur Nafsu Makan

Protein dan serat dalam kacang arab tentunya sangat bermanfaat terhadap pengaturan nafsu makan anda. Kedua nutrisi tersebut akan bekerja sama secara sinergis dalam memperlambat proses pencernaan, sehingga perut anda akan terasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu saja, protein dalam chickpeas juga mampu mengurangi hormon perasaan lapar dalam tubuh.

Faktanya, efek mengenyangkan dari protein dan serat tersebut secara otomatis akan membuat anda mampu mengurangi asupan kalori berlebih selama seharian penuh. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 104 gram kacang arab per hari selama 12 minggu melaporkan mampu merasa lebih kenyang dan terhindar dari makanan buruk yang disebut junk-food, dibandingkan dengan individu yang tidak mengkonsumsinya.

2. Kaya Akan Protein Berbasis Nabati

Kadar protein melimpah yang dimilikinya membuat chickpeas menjadi pilihan yang sangat tepat bagi para vegetarian. Nutrisi dalam kacang arab tersebut tentunya bisa mempromosikan perasaan kenyang sehingga nafsu makan anda pun mampu dikontrol dengan baik.

Protein juga dikenal akan kemampuannya dalam menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tulang, dan menjaga kekuatan otot. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa jenis protein dalam chickpeas jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis yang terdapat dalam polong-polongan lainnya.

Hal ini karena chickpeas memiliki hampir semua asam amino esensial (kecuali methionine) yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa chickpeas mampu mengontrol berat badan anda dengan berbagai macam cara. Pertama-tama, mereka sudah rendah akan kepadatan kalori. Artinya, dengan jumlah kalori rendah, anda bisa mendapatkan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sementara menurut penelitian sendiri mengatakan bahwa mereka yang makan lebih sedikit kalori cenderung mampu mengurangi berat badan dan menjaganya agar tetap ideal, dibandingkan dengan orang-orang yang mengkonsumsi makanan tinggi kalori.

4. Membantu Mengontrol Gula Darah

Jika anda ingin terhindar dari penyakit diabetes yang mematikan, maka anda pun harus mampu mengontrol kadar gula dalam darah anda, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi kacang arab dengan kadar protein dan serat yang tinggi.

Selain itu, chickpeas pun termasuk ke dalam jenis makanan dengan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik sendiri merupakan ukuran seberapa cepat makanan yang anda konsumsi menaikan gula darah anda. Tentunya, semakin redah indeks glikemik pada makanan, maka semakin baik.

Dengan begitu, pola makan yang selalu menyertakan makanan yang rendah akan indeks glikemik secara otomatis bisa mengontrol kadar gula darah anda secara nyata.

Selain itu, chickpeas juga merupakan sumber protein dan serat yang mana kedua nutrisi tersebut dapat mengatur kadar gula darah anda menjadi lebih baik lagi.

Hal ini karena serat akan membuat tubuh anda menyerap karbohidrat menjadi lebih lambat, sehingga kadar gula darah anda pun meningkat dan turun secara lebih teratur. Kondisi ini tentunya sangat baik bagi para penderita diabetes tipe-2.

5. Baik Bagi Pencernaan

Lagi-lagi kandungan serat dalam chickpeas mampu memberikan manfaat kesehatan, kali ini terhadap sistem pencernaan anda. Jenis serat dalam makanan ini sebagian besar berupa serat larut, artinya dapat bercampur dengan air dan membentuk senyawa yang mirip seperti agar-agar di dalam saluran pencernaan anda.

Serat larut tersebut pun akan membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus anda sekaligus mencegah bakteri jahat untuk terus berkembang. Alhasil, pencernaan anda pun akan semakin baik dan terhindar dari berbagai macam masalah perut seperti sindrom iritasi usus hingga kanker usus.

6. Melawan Berbagai Macam Penyakit

Salah satu kemampuan chickpeas yang paling hebat adalah efeknya dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit tertentu. Tak tanggung-tanggung, jenis penyakitnya pun merupakan golongan kronis yang sangat memerlukan perhatian lebih, terutama dalam menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Adapun beberapa jenis penyakit tersebut diantaranya:

Penyakit Jantung

Kacang arab merupakan sumber yang sangat baik akan sejumlah mineral penting, termasuk magnesium dan kalium, yang mana telah diteliti dan ditemukan bahwa kedua mineral tersebut mampu meningkatkan kesehatan jantung seseorang.

Ditambah lagi, serat larut yang dimilikinya sudah terbukti mampu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat LDL, yang mana keduanya merupakan salah satu faktor resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian selama 12 minggu yang melibatkan 45 orang memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi sebanyak 728 gram chickpeas per minggu, maka mampu mengurangi kadar kolesterol total rata-rata hingga hampir 16 mg/dL.

Kanker

Dengan memasukkan kacang arab ke dalam pola makan anda, maka secara alami akan mampu mengurangi resiko anda terkena berbagai macam jenis kanker ganas yang mematikan.

Pertama-tama, dengan mengkonsumsi chickpeas makan tubuh anda pun akan memproduksi butirat, yaitu sejenis asam lemak yang telah diteliti akan kemampuannya dalam mengurangi peradangan pada sel-sel usus, sehingga berpotensi mengurangi resiko anda terkena kanker usus.

Kandungan vitamin B dan mineral dalam kacang arab juga bisa membuat anda terhindar dari kanker payudara dan paru-paru.

Tak berhenti sampai di sana, kacang arab juga merupakan sumber dari saponin, yaitu sejenis senyawa tanaman yang mampu membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Saponin juga memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan kanker.

Diabetes

Kacang arab memiliki beberapa jenis sifat yang dikenal dalam mengontrol kadar gula darah seseorang, sehingga membuat anda terhindar dari penyakit terkait termasuk diabetes. Serat dan protein dalam chickpeas akan membantu mencegah kadar gula darah anda naik secara drastis.

Selain itu, chickpeas memiliki beragam vitamin dan mineral yang menjadi alasan kenapa kacang polong ini begitu sangat menyehatkan, terutama bagi para penderita diabetes. Terdapat magnesium, vitamin B, dan zinc yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.