Apa itu Taurin? Manfaat dan Efek Sampingnya yang Wajib Diketahui

3 min read

Apa itu Taurin? Manfaat dan Efek Sampingnya yang Wajib Diketahui

Taurin merupakan sejenis asam amino yang bisa anda temukan dalam makanan dan beberapa jenis minuman berenergi. Tetapi banyak pula orang yang mengkonsumsi taurin melalui suplemen karena lebih mudah untuk didapatkan.

Taurin sendiri telah diteliti dan ditemukan bahwa ia mampu memberikan seseorang berbagai macam manfaat kesehatan, termasuk mengurangi resiko terkena penyakit dan meningkatkan performa olahraga.

Namun perlu dicatat juga bahwa anda harus mengetahui batasan dosis saat mengkonsumsinya agar terhindar dari efek samping yang kurang menyenangkan.

Apa Itu Taurin?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa taurin termasuk ke dalam asam amino sulfonat yang terjadi secara alami di tubuh anda, yang mana sebagian besar terkonsentrasi di otak, mata, jantung, dan otot anda.

Namun berbeda dengan kebanyakan asam amino lainnya, taurin tidak digunakan oleh tubuh untuk membangun protein. Sebaliknya, ia diklasifikasikan sebagai asam amino esensial bersyarat.

Pada dasarnya, tubuh anda pun mampu memproduksi taurin, tetapi para ahli kesehatan masih tetap menyarankan kita agar selalu mendapatkan tambahan asupannya melalui makanan. Beberapa orang yang tengah menderita penyakit tertentu seperti penyakit jantung atau diabetes juga bisa menuai manfaat dari mengkonsumsi suplemen taurin.

Banyak orang mengira bahwa taurin haruslah didapat dari air seni atau sperma banteng, dikarenakan namanya yang berasal dari bahasa latin “Taurus”, yang artinya banteng atau lembu. Padahal itu hanyalah mitos belaka karena sumber terbaik dari taurin bisa anda temukan dalam makanan yang ada di sekitar kita.

Sumber Taurin

Sumber utama taurin adalah makanan hewani, seperti daging sapi, ikan, dan produk susu. Meskipun beberapa jenis makanan vegetarian terproses juga bisa ditambahkan taurin, tetapi kadarnya masih tetap kalah dengan yang anda temukan secara alami dalam daging.

Taurin juga bahkan seringkali dimasukkan ke dalam minuman bersoda dan berenergi, yang mana biasanya menyediakan antara 600 hingga 1000 mg per porsinya. Tetapi tetap tidak disarankan untuk memilih sumber tersebut karena soda ataupun minuman berenergi sangatlah tinggi akan kandungan zat berbahaya di dalamnya.

Fungsi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan di atas, taurin terdapat di dalam beberapa organ tubuh anda dan bisa memberikan manfaat secara keseluruhan. Tugas utamanya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga keseimbangan hidrasi tubuh dan elektrolit dalam sel anda.
  • Membentuk garam empedu yang berperan penting dalam pencernaan.
  • Mengatur mineral seperti kalsium di dalam sel anda.
  • Mendukung fungsi umum sistem saraf pusat dan mata anda.
  • Mengatur kesehatan sistem kekebalan dan fungsi antioksidan.

Dikarenakan taurin adalah asam amino esensial bersyarat, mereka yang sehat tentunya dapat memproduksi jumlah minimal yang diperlukan untuk fungsi harian tubuh mereka.

Namun, pada kasus-kasus tertentu anda mungkin akan membutuhkan kadar taurin dalam jumlah besar sehingga anda pun harus mendapatkan tambahannya dari makanan. Kategori orang tersebut adalah mereka yang tengah menderita gagal jantung atau gagal ginjal, serta bayi prematur yang diberi makan secara intravena.

Ketika kekurangan kadar taurin terjadi, maka bisa mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi perkembangan janin dan mendatangkan berbagai macam gejala serius seperti gangguan fungsi otak dan kontrol gula darah yang buruk.

Orang dewasa pun tentunya bisa mendapatkan berbagai macam gejala yang tidak diinginkan. Maka dari itulah, anda harus tetap menjaga kadar taurin dalam jumlah yang normal agar bisa memetik beragam manfaat seperti berikut ini:

1. Melawan Diabetes

Taurin mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengontrol gula darah dan melawan diabetes. Mengkonsumsi suplemen taurin dalam jangka panjang bahkan mampu mengurangi kadar gula darah puasa tanpa harus mengubah pola makan sehat seseorang.

Kadar gula darah puasa yang normal sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, karena kadar yang tinggi sudah menjadi faktor utama seseorang terkena diabetes tipe-2 dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Beberapa penelitian terhadap binatang sendiri telah memperlihatkan bahwa peningkatan asupan taurin dapat membantu mencegah subjek terkena diabetes tipe-2 dengan cara mengurangi kadar gula darah dan resistensi insulin.

Menariknya, para penderita diabetes cenderung memiliki kadar rendah taurin di dalam tubuh mereka.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Taurin juga ternyata mampu membantu mengurangi resiko anda terkena penyakit kardiovaskular. Penelitian bahkan telah menemukan keterkaitan antara asupan kadar taurin yang tinggi dengan rendahnya tingkat kematian akibat penyakit tersebut secara signifikan, sekaligus mengurangi tekanan darah dan kolesterol pada seseorang.

Penelitian lainnya yang melibatkan orang gemuk juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 3 gram taurin per hari selama 7 minggu menemukan adanya pengurangan berat badan serta meningkatkan kesehatan jantung mereka secara signifikan.

Selain itu, mengkonsumsi suplemen taurin mampu mengurangi peradangan dan pengerasan arteri. Tentunya kondisi ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin terhindar dari resiko terkena penyakit jantung yang berbahaya.

3. Meningkatkan Performa Latihan

Jika anda seorang olahragawan dan ingin meningkatkan performa latihan, jangan pernah melupakan sumber makanan taurin sebagai bagian dari pola makan anda.

Cara asam amino ini mendukung performa latihan anda sangatlah unik. Misalnya dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa taurin telah terbukti mampu membersihkan produk limbah yang menjadi penyebab anda terkena kelelahan dan luka bakar otot, sekaligus menjaga otot-otot anda dari kerusakan sel serta stres oksidasi.

Terlebih lagi, taurin mampu meningkatkan pembakaran lemak selama sesi latihan berlangsung. Tentunya kondisi ini sangatlah dicari-cari bagi mereka yang tengah berjuang dalam menurunkan berat badan.

4. Manfaat Lainnya

Selain dari ketiga manfaat spesifik di atas, taurin juga ternyata mampu memberikan anda manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dikarenakan asam amino sangatlah terkonsentrasi di mata anda, maka beberapa masalah mata bisa dikurangi secara drastis jika anda mampu meningkatkan asupannya.

Selain itu dapat pula membantu mengatur konstraksi otot sehingga mampu mengurangi resiko kejang-kejang dan mengatasi kondisi terkait seperti epilepsi. Untuk manfaat yang satu ini, nampaknya taurin bekerja dengan cara mengikat reseptor GABA di otak yang memainkan peran penting terhadap pengontrolan dan menenangkan sistem saraf pusat anda.

Selanjutnya, taurin juga bisa menjaga sel hati anda dari radikal bebas dan racun yang merusak. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan 2 gram taurin per hari mampu mengurangi penanda kerusakan hati sekaligus mengurangi stres oksidasi di tubuh.

Efek Samping Taurin

Pernah adanya sebuah kasus dimana seorang atlet di Eropa meninggal setelah mengkonsumsi minuman berenergi yang mengandung taurin dan kafein. Untuk alasan inilah, banyak sekali negara yang melarang penggunaan taurin atau membatasi kadarnya dalam berbagai macam produk.

Namun setelah diselidiki, kematian tersebut bukanlah disebabkan oleh kandungan taurin, melainkan karena dosis kafein yang tinggi atau senyawa lainnya.

Dengan begitu, taurin masih sangat aman untuk dikonsumsi jika masih dalam takaran atau kadar yang wajar. Selalu ikuti panduan dan batas asupan harian yang disarankan oleh para ahli kesehatan. Silahkan lihat label suplemen taurin yang anda beli, biasanya sudah tertera di sana.

Tetapi bagi anda yang memiliki masalah dengan ginjal, harap untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi taurin. Hal ini karena beberapa jenis suplemen berbasis asam amino seringkali bisa memberikan efek berbahaya bagi golongan orang tersebut.